Minggu, 10 April 2011

Belajar Inflasi

Makin lama kita lihat harga pangan semakin melambung. baca baca nih katanya inflasi pangan mendekati 12 % pertahun. buset tambahan pendapatan aj gk sampai segitu. pantes aj makin lama ko beli nasi bungkus makin dikit nasinya n tambah kcil lauknya. :D. banyak kawan yang mengeluh soal pendapatan mereka yang tidak bisa melawan setan inflasi.

Inflasi tu artinya turunnya nilai mata uang atau meningkatnya harga harga secara kontiniu. inget kasus cabe kemarin. naa.. tu salah satu contohnya. Salah satu penyebab inflasi adalah spekulatif para produsen dengan membuat langka barang. Barang langka harga pasti naik. mereka ambil untung dari itu. jahat kan!!. Kasus cabe ini disebut Cost Push Inflation.



Belakangan ini agak sedih liat bangsaku nan megah ini. Baru sadar kalo investasi di negara kita jauh lebih kecil dari investasi di negara singapura yang tanahnya aj impor dari negara kita. Belum lagi kesadaran menabung yang kurang dikarenakan tu duit kalo ditabung bunganya sangat jauh dari kenaikan inflasi. bunga tabungan 3 - 5 %. Seperti saya bilang inflasi umum mungkin cuma 6 - 7% tapi inflasi pangan 12%. Gimana coba, minus terus donk duit ditabungan. Kalo gak ada yang nabung pastinya dunia usaha gak kembang, karena dana yang mau dipinjem dibank dari masyarakat gak ada.

Untuk kita kita yang berpendapatan tetap inflasi akan sangat merugikan. contoh mudah, dulu orang pensiun tahun 1993 uang masi cukup untuk hidup. Sekarang makan aj sulit, kenapa karena nilai uang turun, 100 ribu dulu bisa beli 10 ayam, sekarang sama 10 tapi sayapnya doank.

Oiy fenomena ada lain yang mesti diwaspadai. Inflasi tu bakal menimbulkan penanaman modal spekulatif yang nantinya berbahaya buat ekonomi kita yang masih rapuh. Pas untung aj mereka dateng, gtu liat tempat lain lebih  mereka cabut. Gonjang ganjinglah ekonomi kita. Bahaya lain kesejahteraan masyarakat hancur karena pendapatan mereka hanya segitu segitu aj, tapi harga naik segono gono banget.

Ni setan inflasi harus dilawan. Caranya cari tambahan pendapatan buat ngelawannya. Dagang, wirausaha apapun untuk menghancurkan ni setan inflasi. Kalo kita bisa nambah jauh lebih banyak pendapatan kita, kita bisa menyisihkan uang untuk nabung n investasi (klo bisa di emas). kalo ada tabungan usaha usaha bakal tumbuh n berjalan, kesempatan kerja terbuka, pendapatan naik, konsumsi naik, produksi naik, naa maju dan sejahteralah masyarakatnya. (berdasar idealisme ekonomi tanpa terjamah korupsi) hahahahah. .

1 komentar: